Sabtu, 26 Maret 2016

CERITAKAN RAHASIAMU PADA ORANG YANG TEPAT


Pernah gak curhat sama orang eh bocor alias ketahuan sama orang lain? Sebagai seorang manusia kita gak bisa hidup sendiri kan? Kita saling membutuhkan. Kita juga butuh teman untuk dijadikan tempat curhat.




Curhat? Emang curhat itu penting banget ya sampe segitunya? Jawabannya FENTING BANGET. Baik cewe maupun cowo sama-sama perlu curhat. Kenapa? Karena setiap orang itu pasti punya masalah selama hidupnya baik itu masalah kecil atau besar. Menceritakan masalah kita kepada orang lain dapat mengurangi beban pikiran kita. Walaupun itu hanya masalah kecil atau kejadian-kejadia sehari-hari yang kita alami tadi pagi. Kita bisa mengutarakan apa yg ada di hati kita dan kita juga bisa tau respon orang lain terhadap masalah tersebut. Masing-masing orang memiliki karakter yg berbeda. Mereka pun akan memberika respon yg berbeda pula terhadap suatu permasalahan. Dari situ kita bisa mengambil kira-kira tindakan tepat apa yg akan kita lakukan jika kita mengalami hal yg sama di kemudian hari.





















Nahh masuk ke masalah yg lebih kompleks atau pribadi ya.


Salah satu manfaat menceritakan masalah pribadi kita dengan orang lain adalah hati dan pikiran terasa plong, lebih ringan gitu. Tapi...

Jgn cerita" ke sembarang orang ya. Nanti kartu kamu bisa kebuka. Ah tidakk! Walaupun itu sebenernya cerita kamu itu bukan rahasia, tapi tetep aja dong gak mau masalah kamu dicerita-ceritain ke org lain? Karena gak semua orang perlu tau masalah kamu. Contohnya kamu lagi ada masalah sama A. Kamu cerita ke B. Tapi si B cerita ke C. Padahal kalian semua (kamu dan si A B C) saling kenal. Kamu bakal merasa gak nyaman kalau si C menanyakan masalah itu ke kamu.




Apalagi kalau masalah pribadi kamu sampai kecium sama orang lain yg gak ada sangkut pautnya sama kamu. Wah mereka bisa berpikiran yg enggak-enggak.


Untuk itu pilah-pilih lah sebelum kamu curhat. Curhat sama temen deket? Udah biasa. Tapi, terkadang teman dekat kita sangat sibuk, banyak kerjaan, sehingga susah ada waktu untuk kita. Kita juga gak mau kan ganggu dia? Solusinya, cerita sama temen yg berada paling dekat dengan kita. Cuss... Tapi kita harus berhati-hati karena tidak semua orang bisa keep secret.





Untuk itu sebelum kita curhat, kita perlu bertanya kepada mereka seperti "gue mau curhat nih. Lu bisa jaga rahasia ga?" ; "gue mau curhat nih. Mau dengerin ga?" ; dll.

As simple as that. Gak semua orang bisa jaga rahasia. Ada orang yg bisa simpen rahasia rapat-rapat, tapi ada juga orang yang awalnya bisa simpen rahasia tapi in the end dia omongin juga ke orang lain.




Ada orang yang terima-terima aja dijadiin tempat curhat, ada juga orang yang gak berkenan dijadiin tempat curhat, dikarenakan mungkin kondisinya yang sedang tidak baik seperti lagi bad mood, capek, banyak kerjaan, buru-buru, dll. Jatuhnya kamu bakalan seperti ngomong sama tembok. Percuma! Wasting time and energy aja. Saran saya daripada percuma mendingan cari orang lain.





Mendapat solusi, saran atau masukan dari orang lain menurut saya itu hanya poin plus aja. Yang terpenting kamu bisa mengurangi beban pikiran kamu, bisa mencurahkan unek-unek kamu. Kamunya jadi gak self-harm atau sampe bunuh diri. Orang lain bakalan ada yang tau masalah kamu juga. Seenggaknya kalau kamu ada apa-apa nantinya (jangan sampe) ada orang yang tau kalau kamu lagi nggak dalam keadaan baik dan bisa nolongin kamu.





So, inget ya guys. Curhat itu boleh banget, but liat dulu orangnya gimana. Okey? Jangan sampe rahasia kamu bocor. Rasanya gak enak banget loh guys :')











Picture source:


https://www.google.co.id/search?q=telling+secret&biw=1360&bih=596&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjM1ezQhb3JAhVGkI4KHSLFDNYQ_AUIBigB#imgrc=Hsom1S3qzWvZnM%3A





http://www.tokoperabotan.com/837-1430-thickbox/ember-plastik-maspion-6gallon.jpg





http://pre12.deviantart.net/61a2/th/pre/f/2013/123/d/6/x_x_by_greywolfiie-d63ym7z.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar